Rabu, 24 September 2014

APA ITU TRENGGALEK ?

Apa itu Trenggalek ... ?

Trenggalek adalah salah satu kota di Jawa Timur. Trenggalek memang mungil ya sehingga jarang sekali ada program tv swasta terkenal yang memberitaknnya. Tapi jangan salah insyaAllah Trenggalek aman dan tentram selalu. Kalau dari peta posisi Trenggalek itu di sebelah barat Jawa Timur. Jika ingin muter-muter Trenggalek ii petanya oke ... (y)









Apa aja sih budayanya Trenggalek ...?

Budaya Trenggalek biasanya diperingati setiap tanggal 31 agustus, disitu banyak pameran-pameran budaya misalnya: kirab pusaka asli Trenggalek, upacara adat di pantai prigi, karnaval, acara wajib pagelaran wayang kulit, tiban, jaranan turonggo yakso, tradisi makan ketupat bersama-sama. Di acara inibanyak masyarakat Trenggalek berkumpul di alun-alun kota karena sangat menarik dan selalu ramai pengunjung dari dalam kota Trenggalek maupun dari luar kota.

Apa aja sih makanan khas Trenggalek ?

Trenggalek memiliki beberapa makanan yang wajib dicicip saat berkunjung ke kota ini, salah satunya keripik tempe dan nasi pindang.
Keripik Tempe
Trenggalek
Siapa yang tidak kenal keripik tempe, makanan ringan sarat gizi ini banyak digemari.Bahan utamanya tentu saja dari tempe dan bisa dinikmati dengan beberapa pilihan rasa. Oleh-oleh ini bisa di dapat di setiap sudut kota Trenggalek yang kebetulan menjual beberapa oleh-oleh khas Trenggalek.


Nasi Pindang
Trenggalek
Nasi Pindang, bukanlah nasi dengan lauk ikan pindang. Nasi pindang disini lebih kearah nasi dengan lauk daging yang dimasak seperti semur dan sedikit berkuah. Nasi ini menggunakan santan dan berwarna hitam dengan tambahan kecap manis sehingga menyerupai rawon.



Dan apa sih ciri khas Trenggalek itu ... ?

Trenggalek tidak terkenal.
Mungkin kalau ditanya Trenggalek masih banyak yang awam dan mungkin banyak yang tidak tahu.Tapi kalau ditanya pantai prigi malah banyak yang tahu.Ya itulah Trenggalek (y)
Kota yang di kelilingi pegunungan.
Inilah keunikan Trenggalek yang sangat saya sukai, yaitu kotanya di kelilingi oleh gunung yang saling terhubung. Jadi kota Trenggalek posisinya ada di tengah-tengah. Memang Trenggalek sebagian tandanya adalah pegunungan.
Tempat lahirnya Supriyadi.
Apakah brader sudah tahu Supriyadi ?...Supriyadi adalah pahlawan Nasional pada era Sukarno. Supriyadi menjadi Kontroversional pada masa penjajahan karna iya sangat di takuti oleh Belanda.dan sampai sekarang ini Supriyadi tidak jelas dimana. Makamnyapun sekarang tidak diketahui dimana fix.
Makanan tiwul.
Brader pernah makan namanya tiwul ?...Trenggalek pernah menyabet Gelar karna makan tiwulnya paling enak di Indonesia lho.
Mempunyai Jalan Xtrem No 2 di Jawa Timur.
Munjungan adalah kecamatan yang ada di selatan Trenggalek. Kalau Munjungan itu sendiri adalah rata.Tapi yang mempunyai keunikan adalah jalan menuju kesana sangatlah Xtrem. Kalau brader pernah ke Munjungan pasti akan bisa mendeskripsikan sendiri bagaimana jalan akan kesana.
Menak Sopal. 
Siapakah menak sopal itu brader ?...Menak Sopal adalah pendiri kota Trenggalek pertama kali. Dan untuk mengenang jasa-jasanya kata “Menak Sopal” dijadikan stadion di Trenggalek
Baik brader sepertinya kalian sudah tau apa itu Negeri Trenggalek. Pokoknya saya mengucapkan selamat berkeliling, berasyik-asyik, dan berwisata di Trenggalek oke fix. Trima kasih dan sampai ketemu kembali byeee selamat jumpaa ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar